Setiap orang tentunya bercita-cita memiliki masa depan yang baik. Untuk menggapai masa depan baik tersebut salah satunya dengan melanjutkan sekolah ke pendidikan tinggi. Nah, salah satu program pendidikan yang menjanjikan adalah program studi Diploma Nautika dan Teknika Pelayaran disertai sertifikasi kompetensi pelaut Ahli Nautika Tingkat III (ANT-III) dan Ahli Teknika Tingkat III (ATT-III).

Tidak banyak Perguruan Tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan Program Studi Nautika dan Teknika. Apalagi Untuk Kampus negeri hanya sedikit, berikut ringkasannya:

1. POLIMARIN (Politeknik Maritim Negeri Indonesia) www.polimarin.ac.id

Polimarin adalah kampus negeri di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang berlokasi di Semarang. Polimarin memiliki program studi D IV Nautika + ANT-III, D III Teknika + ATT-III dan D III Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepalabuhanan (KPN). Kuota Penerimaan Mahasiswa cukup ketat karena untuk D IV Nautika kuota 30 orang, D III Teknika kuota 30 orang dan D III Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga kuota 40 orang. Di tahun 2017 atau 2018 rencana akan dibuka program Double Degree kerjasama dengan Wismar University Jerman khusus untuk program studi D IV Nautika sehingga nanti akan mendapatkan dua Ijazah yaitu dan Polimarin dan Dari Wismar University.

2. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) http://stipjakarta.ac.id/

STIP adalah kampus negeri di bawah Kementerian Perhubungan yang berlokasi di Marunda, Jakarta. memiliki program studi D IV Nautika + ANT-III, D IV Teknika + ATT-III dan D IV Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan.

3. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang http://www.pip-semarang.ac.id/

PIP Semarang adalah kampus negeri di bawah Kementerian Perhubungan yang berlokasi di Singosari, Semarang, memiliki program studi D IV Nautika + ANT-III, D IV Teknika + ATT-III dan D IV Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan.

4. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar http://pipmakassar.ac.id/

 PIP Makassar adalah kampus negeri di bawah Kementerian Perhubungan yang berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan, memiliki program studi D IV Nautika + ANT-III, D IV Teknika + ATT-III dan D IV Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan.

5. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya http://poltekpel-sby.ac.id

 Poltekpel Surabaya adalah kampus negeri di bawah Kementerian Perhubungan yang berlokasi di Surabaya, memiliki program studi D III Nautika + ANT-III, D III Teknika + ATT-III dan satu-satunya penyelenggara program D III Elektro Pelayaran di Indonesia.

6. Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) http://polbeng.ac.id

Polbeng adalah kampus negeri di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang berlokasi di Bengkalis. Polimarin memiliki program studi D III Nautika + ANT-III, D III Teknika + ATT-III dan D III Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepalabuhanan (KPN).

Selain kampus negeri ada banyak altternatif kampus swasta yang menyelenggarakan program tersebut diantaranya:

1. Akpelni web akpelni.ac.id

2. Stimart AMNI www.stimart-amni.ac.id

3. Akademi Maritim Cirebon (AMC) amc.ac.id

 

Comments powered by CComment