Ada bermacam-macam tipe diagram yang mencoba menunjukkan bagaimana sebuah rangkaian listrik beroperasi. Simbol digunakan untuk menjelaskan berbagai macam item peralatan. Pembuat kapal menyediakan satu set lengkap diagram listrik kapal.

Penting bagi anda untuk mempelajari diagram tersebut untuk dapat membaca dan memahaminya dengan menguasai, dan untuk menggunakannya untuk membantu mengetahui lokasi kerusakan listrik (electrial fault).

 

Diagram blok menunjukkan dalam bentuk sederhana hubungan-hubungan utama antar elemen dalam suatu sistem, dan bagaimana sistem bekerja dan beroperasi. Diagran yang demikian sering digunakan untuk menggambarkan sistem kontrol dan rangkaian kompleks lainnya. Diagram blok dalam gambar 1.2. menjelaskan fungsi-fungsi utama dari sebuah Over Current Relay (OCR) yang digunakan untuk proteksi. Diagram rangkaian (circuit diagram) ini menggambarkan suatu cara untuk mewujudkan fungsi OCR secara keseluruhan.

 

Diagram seperti ini menerangkan fungsi dari masing-masing blok tetapi biasanya tidak membarikan informasi apapun tentang komponen-komponen pada setiap blok atau bagaimana sebenarnya blok-blok tersebut terhubung.

 

Diagram sistem, seperti gambar 1.3, menunjukkan fitur utama dari sebuah sistem dan batasnya, tanpa harus menunjukkan sebab akibat. Kegunaan utamanya adalah untuk menggambarkan bagaimana sistem beroperasi. Detail dihilangkan dalam rangka untuk membuat diagram sejelas mungkin dan mudah dipahami.

 

Diagram rangkaian (circuit diagram) menunjukkan secara keseluruhan keberfungsian dari sebuah rangkaian. Semua komponen-komponen penting dan koneksinya digambarkan melalui simbol-simbol grafis yang disusun untuk menggambarkan pengoperasian sejelas mungkin tetapi tanpa memperhatikan bentuk fisik dari berbagai item, komponen-komponen atau koneksinya.

 

Koneksi listrik dalam gambar 1.4 untuk motor starter secara jelas menggambarkan sesederhana mungkin. Hal yang paling penting adalah bahwa tidak ada upaya yang dilakukan untuk menggambarkan kontak bergerak dari relay atau kontaktor sepanjang kawat coil yang mengoperasikannya (dimana sebenarnya secara fisik berada). Sebaliknya, coil dan kontak yang terkait diidentifikasikan dengan angka atau huruf biasa. Meskipun ada perjanjian internasional tentang simbol yang digunakan untuk merepresentasikan komponen listrik, anda harus siap untuk bertemu berbagai macam simbol yang berbeda yang mewakili komponen yang sama. Kegunaan diagram rangkaian adalah untuk memahami pengoperasian rangkaian, untuk mengikuti masing-masing urutan  dalam pengoperasian dari saat memulai (misal degan menekan tombol start) sampai tindakan terakhir (misalnya starting motor). Jika peralatan gagal untuk beroperasi secara tepat, pembaca dapat menelusuri urutan pengoperasian sampai dia menemukan pengoperasian yang gagal. Komponen-komponen yang terlibat dalam kerusakan ini dapat diperiksa untuk mengetahui letak komponen yang diduga rusak. Tidak perlu lagi memeriksa komponen lain yang diketahui berfungsi dengan benar dan tidak memiliki pengaruh terhadap kerusakan, sehingga pekerjaan lebih sederhana. Diagram rangkaian adalah alat yang penting untuk mencari kerusakan (fault finding).

 

Wiring diagram (diagram kabel) menggambarkan  koneksi detail antara komponen-komponen atau item-item dalam peralatan, dan dalam beberapa kasus rute dari koneksi tersebut. Sebuah diagram kabel peralatan menggambarkan komponen-komponen dalam posisi perkiraannya di dalam wadah sebenarnya. Komponen dapat digambarkan secara lengkap (misalkan sebuah kumparan kontaktor bersama dengan semua kontak drive ini) atau mungkin secara sederhana direpresentasikan oleh sebuah blok dengan terminal-terminal yang ditandai dengan jelas. Perbedaan ketebalan garis dapat digunakan untuk membedakan antara power dan koneksi raingkaian kontrol. Diagram kabel dalam gambar 1.5 adalah untuk stater yang sama digambarkan pada diagram rangkaian pada gambar 1.4.

 

Diagram kabel mungkin sirkuit yang cukup sederhana, tetapi layoutnya membuatnya cukup sulit untuk digunakan dan untuk memahami urutan operasi dari rangkaian. Tujuan diagram kabel utamanya adalah untuk menginstruksikan dan menghubungkan peralatan. Diagram kabel kurang bermanfaat dalam trouble shooting kecuali untuk mengidentifikasi posisi yang tepat dari komponen yang diduga rusak, terminal-terminal dan kabel-kabel.

Comments powered by CComment