Semua pengajar tentunya ingin menjadi ahli dan profesional di bidangnya. Tentunya bukan penguasaan materi saja yang diperlukan untuk menjadi Pengajar yang baik dan menarik. Diperlukan kemampuan presentasi, penguasaan kelas, kepercayaan diri, attitude yang menarik, kemampuan memahami keruntutan materi dan kemampuan menyampaikan materi secara runtut dan mudah difahami. Berikut beberapa tips untuk menjadi pengajar yang berkesan dan ditunggu kehadirannya oleh mahasiswa:

1. Tersenyum dan bersahabat

Selalu tersenyum dab bersahabat saat mengajar akan membuat atmosfir ruang perkuliahan menjadi fresh, semua hati akan terbuka sehingga penyampaian materi akan mudah diterima. Timbal balik akan berjalan dengan baik dan tidak akan ada kekakuan di kelas. 

 

2. Kuasai materi dan sajikan dengan runtut dan diulang-ulang

 

Penguasaan materi tentulah penting. Malam sebelum perkuliahan sempatkan membaca materi kemudian buat bagan/peta urutan materi untuk memahami kerangka materi.

Sampaikan materi pelan2, urut dan lakukan pengulangan untuk mengakomodir siswa yang belum paham.

 

3. Sampaikan Joke/Candaan

Koleksi candaan /joke yang yang lucu. Sampaikan disela-sela perkuliahan untuk menghilangkan kejenuhan dan mengembalikan konsentrasi.

Comments powered by CComment