Assalamualaikum. Semoga keselamatan dan kesehatan selalu untuk kita semua. Saya ingin membagi pengalaman saya mutasi / pindah tugas antar instansi. Kebetulan saya pindah tugas dari BP2IP Tangerang, Kementerian Perhubungan ke Politeknik Maritim Negeri Indonesia Semarang, Kementerian Ristekdikti. Alasan mutasi saya waktu itu adalah agar bisa bersatu dengan istri dan anak saya di Semarang. Kebetulan istri saya adalah PNS juga di Kab. Semarang. 

Mungkin ada yang berpendapat bukan alasan yang kuat seorang suami minta pindah mengikuti istri. Tapi dengan memberikan penjelasan yang baik kepada atasan, alasan itu bisa diterima. Saya waktu itu sdh 5.5 tahun bekerja, dan 3 tahun terpisah jarak dengan istri saya. Suatu saat saya merasakan letih saat turun dari kereta, saya berfikir apakah saya akan terus2an seperti ini. Berangkat dari Salatiga Minggu jam 5 sore naik bis ke Stasiun Tawang naik kereta sampai stasiun senen jam 4 pagi. Setelah itu naik kopami sampai kalideres, lalu naik angkot jurusan kota bumi turun halte RSUD Tangerang. Lanjut naik elf turun kampung melayu, lanjut ojek baru sampai kantor jam 7 pagi. .....hehehe. Lelah banget rasanya. #meski sampai sekarang banyak teman saya yang masih menjalani perjalanan itu setiap minggu#.

Kembali ke pokok..

Saya memberanikan diri menghadap atasan saya. Saya utarakan saya bermaksud mengajukan mutasi ke semarang agar bisa berkumpul dengan anak istri saya. Saya tidak bisa membawa istri saya ke Tangerang karena harus menemani orangtuanya karena kebetulan anak terakhir dari dua bersaudara. Waktu menghadap atasan saya saya belum menentukan tempat tujuan mutasi saya, saya meminta ijin dulu ke atasan kalau diijinkan baru saya akan mencari tempat tujuan mutasi. Alhamdulillah saya bersyukur atasan saya mengijinkan, beliau justru merekomendasikan tujuan mutasi saya yaitu ke PIP Semarang atau ke Otoritas Pelabuhan Tanjung Emas semarang atau ke Disnav. beliau katakan kalau keluar kementerian tidak bisa membantu. Akhirnya saya mengajukan ke Polimarin di bawah Kemristekdikti. Karena Polimarin masih kekurangan Pegawai tidak lama saya menerima telfon dari bu Masriah bagian administrasi Polimarin, selang satu minggu saya menerima surat jawaban resmi dari Direktur Polimarin. 

Berbekal surat jawaban dari Direktur Polimarin saya kembai menghadap atasan saya, dengan surat resmi pengajuan saya (surat terlampir) dilampiri surat jawaban dari tempat tujuan mutasi. Tidak lama kemudian surat persetujuan mutasi dari atasan saya (Eselon 3) keluar dan saya antar ke Sekretaris BPSDM Perhubungan tembusan kepala Pusbang SDM Hubla. Selang beberapa minggu keluar surat persetujuan/usulan mutasi dari Ses BPSDM Phb dan langsung sya antar ke Kepala Biro Kepegawaian & Organisasi Perhubungan. kemudian Kepala Biro Kepegawaian Mengeluarkan surat konfirmasi/menanyakan persetujuan ke Kepala Biro SDM Kemristekdikti dengan dilampiri data kepegawaian dan DRH. menunggu beberapa minggu surat persetujuan dari Kepala Biro SDM Kemristekdikti keluar. kemudian berdasarkan persetujuan dari Kepala Biro SDM Kemristekdikti, Kepala biro Kepegawaian Perhubungan mengeluarkan surat persetujuan pindah antar instansi. Berbekal surat lolos dari Perhubungan dan surat butuh dari Ristekdikti dilampiri berkas kepegawaian pengajuan saya disampaikan ke BKN Pusat. 

Beberapa minggu kemudian keluar surat keputusan Pemindahan PNS dari Kepala BKN. Berbekal surat itu Kepala Biro SDM Kemristekdikti mengeluarkan surat mutasi tugas dan/atau lokasi tugas pns dan saya telah resmi menjadi PNS Polimarin Kemristekdikti. Waktu total proses mutasi saya sejak pengajuan resmi sekitar 6 bulanan.

Saya mengajukan Surat Keterangan Pemberhentian Pembayaran (SKPP) dari KPPN dengan persyaratan Surat dari BKN dan SK Mutasi dari Kemristekdikti. begitu SKPP keluar saya meminta Arsip Data Komputer (ADK) ke staf keuangan BP2IP. Setelah ada SKPP dan ADK gaji bisa diurus di kantor baru.

Demikian sedikit cerita nyata mutasi saya. Jalannya memang panjang, harus sabar dan terus intens menghubungi orang2 yang berkaitan.

Terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Download:

contoh surat permohonan mutasi ke satker tujuan

contoh permohonan mutasi ke pimpinan satker asal

Comments powered by CComment