Saya ingin membagi pengalaman saya mengurus pajak kendaraan bermotor di Samsat Ungaran, Kabupaten Semarang. Kebetulan mobil saya sudah 5 tahun jadi harus ganti plat nomer juga. Alamat samsat Kabupaten Semarang sekarang di Jalan MT Haryono Ungaran. Dari jalan raya Solo-Semarang kalo dari arah salatiga bisa perempatan lampu Bangjo Assalamah belok kanan terus nanti ketemu Bangjo lagi belok kiri, nanti Samsat ada di kanan jalan. Kalo dari exit tol ungaran belok kanan ke arah alun2 baru trus belok kiri, trus lurus, samsat ada sebelah kiri.

Kesan pertama sampai di samsat tempatnya rapi, parkir luas, antrian gk terlalu banyak. Zaman sekarang layanan pemerintrah memang semakin baik. Acung 2 jempol buat pemerintah terutama polisi yang terus berbenah diri.

 

Pertama kali yang harus dituju adalah tempat fotocopy ada di gedung kecil sebelah kanan. 

 

Ada 2 loket di gedung kecil itu yaitu loket fotocopy dan loket form pendaftaran. Nggak perlu foto copy di luar, disitu murah kok untuk ganti plat copy BPKB, KTP STNK cuma 2 ribu rupiah. Habis fotocopy geser dikit ke loket formulir lagsung kasih berkas nanti dikasih formulir tinggal tandatangan nama terang sama nulis nomer hp di formulir.

 

Habis itu semua berkas bawa ke Loket cek fisik yang ada di Belakang gedung utama paling pojok ada gedung kecil (disitu ada warung2, tempat ambil plat nomer juga). Minta petugas gesek untuk nggesek nomer mesin dan rangka dulu. Kalo udah digesek kertas hasil gesek gabungin di Berkas dan taruh aja nnt dipanggil petugasnya (BPKB simpan aja masukin tas). Dari loket cek fisik ada satu berkas yang sudah dibendel petugas. Setelah itu bawa semua berkas ke Loket Pendaftaran di gedung utama. Tapi jangan lupa mindahin mobil yang udah dicek fisik ke parkir depan.

Loket pendaftaran ada di dalam gedung utama, letaknya sebelah kiri. ini penampakannya...

Semua berkas tumpuk ada di keranjang (kecuali BPKB simpan aja). trus duduk tunggu panggilan petugas, nanti dikasih nomer antrian kasir dan kertu bayar Jasa Raharrja. Setelah itu tunggu panggilan antrian Kasir...

Antrian Kasir, kayak gini nih penampakannya...

Sambil nunggu panggilan nanti sebelah kiri ada TV yang nunjukin berapa biaya yg harus dibayar. Trus setelah ada panggilan dari antrian Kasir BAYAR dong Jangan kabur..hehe. Kasirnya cantik2 kok...hehe jangan takut. Setelah dikasih bukti bayar Habis bayar geser dikit ada loket bayar biaya ganti plat untuk mobil 125 ribu (dapat kuitansi).

Loket bayar pelat (Bank BRI) .....

Setelah ituuu tinggal nunggu di loket Penyerahan STNK.... niiih

Sebentar gk sampoai 5 menit dipanggil namaku, dapat deh STNK.. Terakhgir tinggal ambil plat di belakang (ruangnya sebelahan dengan ruang cek fisik). gk sampai 10 menit jadi tuh plat. Dan kelar deh. sebentar kok, total gak ada 1 jam selesai.

Mantap emang top SAMSAT Ungaran...joss