Article Index

Saat ini profesi PNS masih tergolong favorit dikalangan masyarakat Indonesia. Meskipun gajinya tidak terlalu besar, namun jaminan penghasilan yang konsisten dan jaminan pensiun menjadikan orang -orang berlomba untuk diterima CPNS. Banyaknya pendaftar dibandingkan dengan formasi yang sedikit memerlukan kesiapan baik akademik maupun psykis dalam menghadapi ujian CPNS. 

Kemampuan akademik merupakan akumulasi hasil proses belajar sejak kecil. Jadi jangan sepelekan pelakjaran sejak dari sekolah dasar. Pelajaran sejarah misalnya. Meski banyak disepelekan waktu sekolah, banyak sekali soal CPNS berbau sejarah. Pelajaran sekolah dasar seperti deret aritmatika juga selalu muncul di ujian CPNS. Berlatihlah penjumlahan perkalian dan pembagian bilangan digit banyak dengan cepat,  karena nanti akan membantu lebih cepat saat mengerjakan Tes Inteligensi Umum (TIU). 

Pengalaman penulis yang kebetulan diterima CPNS tahun 2009, persiapan tes CPNS saya lakukan selamaa 1 tahun sejak lulus kuliah november 2008. Prinsip saya waktu itu pelamarnya banyak dan formasi minim maka persiapan saya tidak boleh biasa2 saja. Persiapan saya harus lebih dari pada yang lain. Karena tentunya Tuhan akan menghargai perjuangan/ikhtiar hambanya. Waktu itu formasi Fisika di BP2IP Tangerang Kemenhub hanya 1 saja. Yang daftar banyak, karena panitia nggak mungkin mengetes semua jadilah diurut rangkin berdasarkan IP. IP saya cuma 3.37 jadilah saya urutan banyak.. di atas saya banyak peserta IP yang lebih tinggi.

Akhirnya yang dipanggil tes kurang lebih 50 orang untuk memperebutkan 1 formasi. Tiba hari H tes saya biasa aja sih karena jam terbang sudah tinggi...hehehe. Maklum sudah biasa gagal, udh berkali kali ikut tes, pernah ikut tes LIPI, Pernah tes Polisi gagal... tes swasta berkali..jadi udh biasa...hehee. kembali ke ujian.. saya keluar paling akhir. Akhirnya saya grogi juga lihat yang lain udah keluar sementara saya belum selesai jawab soal. Oh iya saya beli sekitar 5 buku latihan soal cpns dan sudah saya coba kerjakan semua. Akhirnya tiba pengumuman hasil ujian pertama. Satu formasi diambil 2 orang untuk lanjut seleksi psikotes wawancara dan diskusi kelompok. Saya waktu itu tidak percaya bisa masuk 2 besar... untuk mempersiapkan seleksi selanjutnya saya mencari di fecebook senior yang lulus tahun sebelumnya, saya tanya kodisi tes psikotes dll. Saya tanya tipsnya. Dan saya persiakan benar2. Saya khawatir urk tes wawancara n diskusi kelompok karena saya kurang pandai berbicara.  Tiba hari H psilotes oke. Alhamdulillah atas ijin Allah mulut saya dilancarkan bicara. Otak ada saja ide bicara. Sebelum tes saya baca doa robbisrohli sodri...wayassirli amri..dst.

alhamdulillah akhirnya saya diterima. Yang saya rasakan doa ibu dan bapak saya sangat menentukan nasib saya ini. 

Jadi kesimpulannya tips lolos seleksi CPNS: 

1. Minta doa orang tua.

2. Kita juga banyak berdoa.

3. Beli buku contoh2 soal dan pelajari sampai tuntas.

4. Update berita & informasi terbaru di indonesia

5. Latihan berhitung cepat.

6. Pelajari sejarah.

7. Belajar meski lelah n ngantuk. Kalo yang lain belajar 1 jam maka kita 3 jam..karena ini kompetisi.

8. Persiapkan dari jauh hari.

 

Demikian semoga bermanfaat. Thanks.

 

Comments powered by CComment