Kali ini saya akan membagi pengalaman saya menggunakan fasilitas kartu Askes (BPJS) di RSUD Salatiga. Awalnya anak saya Jasmine panas. Setelah 5 hari panas turun dan sepertinya udah sembuh. Tapi malamnya panas lagi semalaman. Akhirnya paginya sekitar jam 7 saya bawa ke Dokter anak, akhirnya dokter menyarankan untuk dirawat inap di Rumah Sakit, harus opname karena panas sudah 5 hari takut kekurangan cairan tubuh. Saya bawa ke UGD dengan membawa surat rujukan dari dr. Ambar. Setelah mendaftar dengan menunjukkan kartu Askes saya meminta kamar VIP Paviliun, saya menandatangani surat naik kelas. Saya pns golongan III.b seharusnya kelas I tapi karena saya minta VIP maka naik kelas.

Setelah diinfus dan disuntik antibiotik Jasmine dibawa ke Kamar Inap. Diambil darah dan diperiksa ternyata jasmine sakit tifus. Sebelumnya dokter melihat dari gejala kemungkinan tifus atau DB. Setelah cek darah baru diketahui tifus positif dan DB negatif. Dokter memberikan antibiotik melalui infus. Setelah 4 hari dirawat akhirnya sembuh dan boleh pulang.

Setelah ditanyakan ke bagian pembayaran ternyata semua biaya ditanggung oleh BPJS. Awalnya saya tidak percaya, saya pikir masih bayar barang 1 s.d 2 juta. Ternyata gratis tis.

Pada intinya saya sangat puas dengan pelayanan RSUD Salatiga dan BPJS. RSUD sekarang bersih & bagus. BPJS juga sangat membantu kami. Terima kasih RSUD Salatiga dan BPJS.

Saya sekeluarga berterimakasih atas kebaikan bapak, sehingga keluarga yang terpisah jarak ratusan kilometer ini sekarang bisa bersatu. Terimakasih Capt. Hyronimus A. Taneh, MM, M.Mar dan Capt. Sugiono, MM, M.Mar.

      

Bagaimana menjadi dosen atau guru yang baik? Berikut adalah 20 Tips untuk Instruktur/Dosen/guru Baru

Peran dosen/guru/instruktur sangat penting dalam menjaga siswa terlibat dan aktif mendengarkan topik yang sedang dipelajari. Mempersiapkan untuk perkuliahan pertama Anda bisa menjadi proses yang cukup bikin grogi, tapi tips berikut ini dirancang untuk memberikan semua informasi, alat dan saran yang Anda butuhkan untuk memulai.

1: Libatkan dari awal

Sebagai dosen/guru/instruktur baru, lima menit pertama kuliah Anda memberikan kesempatan emas untuk mendapatkan siswa Anda untuk duduk dan memperhatikan. Mulai memperkenalkan diri anda dengan jelas, menjelaskan tujuan perkuliahan dan garis besar hasil belajar. Jika Anda memulai dengan semangat dan antusiasme maka siswa Anda lebih mungkin untuk terlibat dari awal.

2: Bangkitkan Rasa Ingin Tahu

Pengenalan Anda perlu terlibat, menggairahkan, tantangan dan menciptakan harapan, sehingga menambahkan fakta menarik atau sedikit pengetahuan untuk memicu rasa ingin tahu dari awal. Berkeliling memindai ruangan setelah lima menit pertama akan memberikan indikasi yang baik tentang bagaimana keterlibatan yang muncul dari siswa.

3: Tinjau kerangka kuliah (Lesson Plan) Anda

Ketika mempersiapkan kerangka kuliah (Lesson Plan) Anda, tinjau urutan materi Anda dan pastikan bahwa itu dapat disajikan secara jelas dan logis. kecepatan harus dikontrol dengan baik sehingga Anda dapat menyelesaikan materi dengan tetap menjaga keterlibatan siswa sepanjang perkuliahan.

4: Perencanaan/Organisasi adalah segalanya

Salah satu elemen penting untuk kuliah sukses adalah proses perencanaan. Anda harus sepenuhnya yakin tentang isi, struktur dan penyampaian materi sebelum Anda mulai, sehingga organisasi merupakan bagian penting dari suksesnya perkuliahan.

5: Gunakan alat bantu visual untuk mempertahankan ketertarikan

Isi kuliah dapat diperbaiki dengan meningkatnya usia teknologi. Dengan alat bantu visual, materi kuliah dapat dipecahkan dengan rangsangan visual seperti video pendidikan, yang sangat efektif dalam menyampaikan informasi secara kuat, Keynote atau Powerpoint.

6: Hindari jargon/prokem/bahasa golongan tertentu

Tidak ada yang lebih mungkin untuk melepaskan diri dari audiens Anda selain jargon tak berujung dan singkatan. Jika Anda berceramah tentang subjek khusus, jangan menganggap bahwa siswa Anda akan memahami jargon dari awal. Membuat kuliah Anda dapat diakses dan dipahami dengan jelas adalah sangat penting.

7: Bekerja pada gaya presentasi Anda

Perkuliahan yang baik adalah proses perbaikan yang terus menerus, sehingga berusahalah selalu untuk praktek terbaik dengan gaya presentasi Anda. Anda perlu untuk menjaga perhatian siswa Anda. Hindari gelisah dan menjaga bahasa tubuh yang kuat dan percaya diri.

8: Gairah dan antusiasme tanpa henti

Jangan takut untuk menunjukkan semangat yang tulus dan antusiasme untuk subjek Anda. Menyampaikan materi perkuliahan secara antusias dan bergairah akan langsung menarik perhatian dan akan membantu siswa untuk fokus dan mendukung  Anda sebagai satu-satunya titik pandang.

9: Perhatikan nada suara Anda

Pastikan bahwa Anda memvariasikan intonasi suara Anda ketika menyajikan kuliah. Gunakan humor dan nada percakapan untuk membantu mempertahankan perhatian. Sangat membantu apabila anda merekam suara Anda sebelum kuliah pertama Anda kemudian mengevaluasi suara anda atau meminta teman-teman dan keluarga untuk memberikan masukan.

10: Atur Kecepatan perkuliahan dengan baik

Cobalah untuk berhenti secara berkala untuk memastikan bahwa siswa Anda masih terlibat dan penuh perhatian. Mengajukan pertanyaan untuk melihat apakah mereka dapat mengikuti materi dengan kecepatan yang kita bawakan; ini akan membantu Anda untuk mengatur kuliah selanjutnya secara efektif.

11: Sertakan informasi yang jarang-diperoleh

Sebagai penguasa pada subjek spesialis Anda, tidak ada cara yang lebih baik untuk mengesankan siswa daripada datang dengan menyampaikan fakta-fakta baru atau informasi bahwa siswa Anda tidak bisa dengan mudah mendapatkan akses ke materi tersebut. Ini akan memicu rasa ingin tahu mereka dan mempertahankan minat pada perkuliahan kita.

12: Uji keterlibatan siswa di tengah perkuliahan

Jaga interaksi perkuliahan dengan istirahat setengah jalan di mana Anda dapat mengajukan pertanyaan, meminta siswa untuk mengatasi masalah atau membuat proses think-tank.

13: Rekam kuliah Anda

Ini mungkin menyebabkan rasa sedikit tidak nyaman pada awalnya, terutama sebagai dosen baru, tetapi dengan syuting kuliah Anda dan menontonnya kembali Anda dapat belajar banyak tentang gaya Anda presentasi, konten, pengiriman, nada suara dan juga memantau keterlibatan audiens Anda.

14: Upayakan untuk mengingat nama-nama

Ini mungkin sebuah tantangan, tetapi mengingat nama siswa Anda 'akan membantu untuk membangun hubungan ketika mengajukan pertanyaan atau terlibat dalam sesi interaktif.

15: Umpan balik dan evaluasi

Proaktif mencari peluang untuk umpan balik pada akhir sesi - ini adalah salah satu cara terbaik untuk belajar dan berkembang untuk masa depan.

16: Hormati gaya belajar siswa Anda '

Sebagian siswa anda akan belajar dengan cara berbeda, sehingga mendengarkan umpan balik mereka dan menghormati gaya belajar mereka yang bervariasi. Beberapa akan lebih memilih pendekatan yang lebih interaktif, sementara yang lain akan merespon terbaik jika dibantu dengan alat bantu visual seperti video pendidikan atau gambar. Tempatkan kebutuhan belajar siswa Anda di jantung rencana perkuliahan (kerangka kuliah) Anda selanjutnya.

17: Reviuw Hasil Perkuliahan dan Pentingnya Materi untuk Perkuliahan Selanjutnya

Mencapai tujuan yang terstruktur merupakan bagian penting dari perkuliahan yang berhasil. Membawa bahan kembali ke pertanyaan awal yang diajukan di awal, memfokuskan kembali perhatian dan mengkonfirmasi apa yang Anda akan mencakup dalam kuliah mendatang.


18: Pilih pertanyaan penutup menarik

Dengan cara yang sama yang Anda perlu untuk memulai kuliah dengan memicu rasa ingin tahu, menyelesaikan dengan pertanyaan penutup menarik yang akan dipelajari siswa selanjutnya dan memperkenalkan perspektif baru. Jika siswa Anda meninggalkan ruangan secara aktif terlibat, maka Anda sudah berhasil.

19: Upayakan untuk perbaikan terus-menerus

Dosen harus menjadi pembelajar terus menerus; berusaha untuk perbaikan, meminta saran dan gembira dengan kesempatan untuk belajar sesuatu yang baru tentang perkuliahan yang sukses.

20: Komentar/apresiasi pada keterlibatan yang sukses

Sebagai dosen baru, mengambil setiap kesempatan untuk memuji siswa Anda. Jika siswa Anda secara jelas terlibat dengan materi Anda kemudian mengakui hal ini dan menunjukkan penghargaan Anda. Umpan balik positif adalah aspek kunci dari membangun hubungan baik dengan audiens/mahasiswa Anda.

Saat ini profesi PNS masih tergolong favorit dikalangan masyarakat Indonesia. Meskipun gajinya tidak terlalu besar, namun jaminan penghasilan yang konsisten dan jaminan pensiun menjadikan orang -orang berlomba untuk diterima CPNS. Banyaknya pendaftar dibandingkan dengan formasi yang sedikit memerlukan kesiapan baik akademik maupun psykis dalam menghadapi ujian CPNS. 

Kemampuan akademik merupakan akumulasi hasil proses belajar sejak kecil. Jadi jangan sepelekan pelakjaran sejak dari sekolah dasar. Pelajaran sejarah misalnya. Meski banyak disepelekan waktu sekolah, banyak sekali soal CPNS berbau sejarah. Pelajaran sekolah dasar seperti deret aritmatika juga selalu muncul di ujian CPNS. Berlatihlah penjumlahan perkalian dan pembagian bilangan digit banyak dengan cepat,  karena nanti akan membantu lebih cepat saat mengerjakan Tes Inteligensi Umum (TIU). 

Pengalaman penulis yang kebetulan diterima CPNS tahun 2009, persiapan tes CPNS saya lakukan selamaa 1 tahun sejak lulus kuliah november 2008. Prinsip saya waktu itu pelamarnya banyak dan formasi minim maka persiapan saya tidak boleh biasa2 saja. Persiapan saya harus lebih dari pada yang lain. Karena tentunya Tuhan akan menghargai perjuangan/ikhtiar hambanya. Waktu itu formasi Fisika di BP2IP Tangerang Kemenhub hanya 1 saja. Yang daftar banyak, karena panitia nggak mungkin mengetes semua jadilah diurut rangkin berdasarkan IP. IP saya cuma 3.37 jadilah saya urutan banyak.. di atas saya banyak peserta IP yang lebih tinggi.

Akhirnya yang dipanggil tes kurang lebih 50 orang untuk memperebutkan 1 formasi. Tiba hari H tes saya biasa aja sih karena jam terbang sudah tinggi...hehehe. Maklum sudah biasa gagal, udh berkali kali ikut tes, pernah ikut tes LIPI, Pernah tes Polisi gagal... tes swasta berkali..jadi udh biasa...hehee. kembali ke ujian.. saya keluar paling akhir. Akhirnya saya grogi juga lihat yang lain udah keluar sementara saya belum selesai jawab soal. Oh iya saya beli sekitar 5 buku latihan soal cpns dan sudah saya coba kerjakan semua. Akhirnya tiba pengumuman hasil ujian pertama. Satu formasi diambil 2 orang untuk lanjut seleksi psikotes wawancara dan diskusi kelompok. Saya waktu itu tidak percaya bisa masuk 2 besar... untuk mempersiapkan seleksi selanjutnya saya mencari di fecebook senior yang lulus tahun sebelumnya, saya tanya kodisi tes psikotes dll. Saya tanya tipsnya. Dan saya persiakan benar2. Saya khawatir urk tes wawancara n diskusi kelompok karena saya kurang pandai berbicara.  Tiba hari H psilotes oke. Alhamdulillah atas ijin Allah mulut saya dilancarkan bicara. Otak ada saja ide bicara. Sebelum tes saya baca doa robbisrohli sodri...wayassirli amri..dst.

alhamdulillah akhirnya saya diterima. Yang saya rasakan doa ibu dan bapak saya sangat menentukan nasib saya ini. 

Jadi kesimpulannya tips lolos seleksi CPNS: 

1. Minta doa orang tua.

2. Kita juga banyak berdoa.

3. Beli buku contoh2 soal dan pelajari sampai tuntas.

4. Update berita & informasi terbaru di indonesia

5. Latihan berhitung cepat.

6. Pelajari sejarah.

7. Belajar meski lelah n ngantuk. Kalo yang lain belajar 1 jam maka kita 3 jam..karena ini kompetisi.

8. Persiapkan dari jauh hari.

 

Demikian semoga bermanfaat. Thanks.

 


 


 

Saya ingin membagi pengalaman saya mengurus pajak kendaraan bermotor di Samsat Ungaran, Kabupaten Semarang. Kebetulan mobil saya sudah 5 tahun jadi harus ganti plat nomer juga. Alamat samsat Kabupaten Semarang sekarang di Jalan MT Haryono Ungaran. Dari jalan raya Solo-Semarang kalo dari arah salatiga bisa perempatan lampu Bangjo Assalamah belok kanan terus nanti ketemu Bangjo lagi belok kiri, nanti Samsat ada di kanan jalan. Kalo dari exit tol ungaran belok kanan ke arah alun2 baru trus belok kiri, trus lurus, samsat ada sebelah kiri.

Kesan pertama sampai di samsat tempatnya rapi, parkir luas, antrian gk terlalu banyak. Zaman sekarang layanan pemerintrah memang semakin baik. Acung 2 jempol buat pemerintah terutama polisi yang terus berbenah diri.

 

Pertama kali yang harus dituju adalah tempat fotocopy ada di gedung kecil sebelah kanan. 

 

Ada 2 loket di gedung kecil itu yaitu loket fotocopy dan loket form pendaftaran. Nggak perlu foto copy di luar, disitu murah kok untuk ganti plat copy BPKB, KTP STNK cuma 2 ribu rupiah. Habis fotocopy geser dikit ke loket formulir lagsung kasih berkas nanti dikasih formulir tinggal tandatangan nama terang sama nulis nomer hp di formulir.

 

Habis itu semua berkas bawa ke Loket cek fisik yang ada di Belakang gedung utama paling pojok ada gedung kecil (disitu ada warung2, tempat ambil plat nomer juga). Minta petugas gesek untuk nggesek nomer mesin dan rangka dulu. Kalo udah digesek kertas hasil gesek gabungin di Berkas dan taruh aja nnt dipanggil petugasnya (BPKB simpan aja masukin tas). Dari loket cek fisik ada satu berkas yang sudah dibendel petugas. Setelah itu bawa semua berkas ke Loket Pendaftaran di gedung utama. Tapi jangan lupa mindahin mobil yang udah dicek fisik ke parkir depan.

Loket pendaftaran ada di dalam gedung utama, letaknya sebelah kiri. ini penampakannya...

Semua berkas tumpuk ada di keranjang (kecuali BPKB simpan aja). trus duduk tunggu panggilan petugas, nanti dikasih nomer antrian kasir dan kertu bayar Jasa Raharrja. Setelah itu tunggu panggilan antrian Kasir...

Antrian Kasir, kayak gini nih penampakannya...

Sambil nunggu panggilan nanti sebelah kiri ada TV yang nunjukin berapa biaya yg harus dibayar. Trus setelah ada panggilan dari antrian Kasir BAYAR dong Jangan kabur..hehe. Kasirnya cantik2 kok...hehe jangan takut. Setelah dikasih bukti bayar Habis bayar geser dikit ada loket bayar biaya ganti plat untuk mobil 125 ribu (dapat kuitansi).

Loket bayar pelat (Bank BRI) .....

Setelah ituuu tinggal nunggu di loket Penyerahan STNK.... niiih

Sebentar gk sampoai 5 menit dipanggil namaku, dapat deh STNK.. Terakhgir tinggal ambil plat di belakang (ruangnya sebelahan dengan ruang cek fisik). gk sampai 10 menit jadi tuh plat. Dan kelar deh. sebentar kok, total gak ada 1 jam selesai.

Mantap emang top SAMSAT Ungaran...joss